Berapa Konsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dgn Premium, Pertamax, Pertalite - Sejak pertama kali meluncur tahun 2008, motor Honda BeAT telah menjadi motor terlaris di Indonesia (bahkan dunia!). Berdasarkan angka penjualan tahunan, skutik BeAT berhasil menjual rata-rata 2 jutaan unit per-tahun. Faktor kenyamanan, ketangguhan mesin serta konsumsi bahan bakar yang efisien jadi pertimbangan utama pengendara motor memilih motor ini. Apalagi, versi terbaru 2015-2016 nya sudah dibekali dengan mesin eSP, AGC Starter dan ISS (Idling Stop System) yang membuat kerja mesin makin tangguh dengan klaim bahan bakar yang lebih irit. Nah, berapa konsumsi BBM Honda BeAT eSP CBS ISS ini?

Kali ini, saya sedikit tergoda untuk menjajal konsumsi BBM motor matic mungil berkapasitas 110 cc ini. Pengujian konsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS ini dicoba memakai 3 jenis bahan bakar yang berbeda, Premium, Pertalite dan Pertamax92 untuk melihat seberapa signifikan perbedaannya.

Pengujian menggunakan metode full-to-full. Tangki diisi sampai fulltank luber kemudian dipakai sampai habis, setelah itu diisi kembali hingga fulltank untuk melihat berapa liter yang terisi. Selanjutnya angka tersebut dibagi dengan jarak yang telah ditempuh.

Ada 2 jenis Honda BeAT 2015-16 yang dipasarkan, yaitu standar dan ISS. Pihak AHM sendiri mengklaim fitur dengan ISS membuat bahan bakar jadi lebih irit, oleh karenanya pengujian dilakukan dengan mengaktifkan fitur ISS (Idling Stop) ini.

Konsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dengan Premium

Sebelumnya, tangki BBM diisi sampai full hingga sejajar dengan tutup tangki. Jepret dulu oddometer ada di 104,8 km.
konsumsi bbm beat iss
Setelah itu, motor dibawa keliling dengan gaya berkendara bervariasi dengan kondisi jalan raya di Jakarta dan Tangerang yang padat. Kecepatan rata-rata hanya 40-60 km/jam saja. Sesekali betot gas juga saat jalanan agak lengang. Top speed dibatasi sampai 80 km/jam saja. 

Kira-kira pakai 3 harian hingga jarum fuel meter menyentuh strip merah, posisi oddometer ada di angka 233,8 km. Selanjutnya, tangki diisi kembali sampai full sejajar dengan tutup tangki. Didapat angka 2,434 liter. Jadi berapa konsumsi BBM nya?
konsumsi bbm honda beat ISS
konsumsi BBM Honda BeAT ISS dengan Premium
konsumsi BBM BeAT ISS (Premium)
Itung-itungannya jadi.. 233,8 km - 104,8 km : 2,434 liter = 52,9 km / liter

Konsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dgn Bahan Bakar Pertamax 92

Okkk.. Nextt..

Tangki BBM diisi pakai Pertamax92 sampai full. Posisi oddometer jepret di angka 377,7 km. Gaya berkendara tetap sama seperti sebelumnya dengan jalanan padat dan lancar di rute Jakarta-Tangerang yang jadi santapan sehari-hari. hehe..

Dipakai sekitar 2-3 hari, akhirnya balik lagi ke pom bensin di daerah Cipondoh, Tangerang. Sayangnya, di pom ini tidak menyediakan struk cetak gan, melainkan struk manual tulis. Jadi, kali ini tidak ada fotonya. Tapi, yang saya ingat angka yang tercetak di mesin pom menunjukkan angka 2,95 liter gan saat terisi kembali ke posisi full tank. Posisi oddometer saat itu di angka 544,9 km. Mari kita hitung berapa konsumsinya dengan BBM Pertamax Ron92

544,9 km - 377,7 km : 2,95 liter = 56,6 km / liter.

Konsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dengan Bahan Bakar Pertalite

Pengujian terakhir dilakukan dengan bahan bakar Pertalite. ehm.. BBM Pertalite ini enteng juga buat motor BeAT. Larinya enteng, mesin pun halus. Cuma sayangnya, saat mengisi di pom Daan Mogot, mas nya tidak ngisi sampai full sejajar dengan tutup tangki seperti pengujian sebelumnya. Masih ada ruang sekitar 3cm daripada ketinggian biasanya. Saat minta tambah dikit, nozzle nya sudah diletakkan kembali ke tempatnya. Yo wiiss, dah..
konsumsi BBM BeAT CBS ISS pertalite
Posisi oddometer menunjukkan angka 699 km. Digunakana sekitar 2 hari dibawa kembali ke pom bensin. Kali ini, jarum oddo masih ada di tengah-tengah, alias, tidak sampai strip merah seperti sebelumnya. Posisi oddometer saat pengisian kembali ada di angka 805 km.
konsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS (Pertalite)
Maka konsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dengan Pertalite adalah: 

805 km - 699 km : 2,17 liter = 48,8 km / liter

Kesimpulan Konsumsi BBM BeAT 2016

Dari hasil pengujian diatas, maka konsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dengan bahan bakar Premium, Pertalite, dan Pertamax didapati bekisar di angka 49 - 56 km / liter. 
  • Kecepatan rata-rata : 40-70 km / jam.
  • Paling irit dengan Pertamax92 : 56,6 km / liter
  • Paling boros dengan Pertalite : 48,8 km / liter (sedang melakukan pengujian kedua).
  • Di tengah-tengahnya ada Premium : 52,9 km / liter

Demikianlah informasi mengenai Uji Konsumsi BBM Honda BeAT eSP ISS dgn Premium, Pertamax, Pertalite. Semoga bermanfaat :-)

Artikel spekmotor lainnya mangenai:

0 comments:

Post a Comment

 
Top